Sabtu, Maret 28, 2009

Selalu dapat "petunjuk" dari "Licence To Grill"




Weekend lagi.. paling enak bikin keramaian kecil2an nih di rumah.. Abisnya klo jalan2 keluar rumah bosen..paling ke mall2 lagi, terus makan dan nonton.. ga seru ahh.. mau bikin yang seru aja di rumah.. Kebetulan Sabtu, bangun pagi, jadi bisa nonton acara Licence to Grill (LtG) asuhan Kak Robert Rainford di AFC (Asian Food Channel) jam stengah 6.. Udah mulai acaranya, kali ini dia bikin bbq apa lagi neh..

Dari Robert Rainford inilah gw sering dapet "petunjuk" untuk bikin bbq di rumah, mulai cara bikin saus marinated, sampai olesan daging, bumbu2 bbq yang ok, dll.. Mayan lah ga usah ikut kursus masak..hehe.. Tapi yang gw suka dari nge-grill ala Rainford adalah ga ribet, ga perlu bikin tumis2an atau goreng2an, secara gw juga males klo ngerjain yg kayak gitu.. pokoke menurut gw, klo bbq yaaa.. ngebakar doang, titik, ga mau ribet ama urusan lain. Yang gw grill juga nggak yang susah-susah, kayak ikan bakar atau otak-otak (welehhh.. ribet tuh kayaknya bikin gituan)
Yang di grill, ya cuma steak, jagung, udang, cumi, jamur portobello, kepala salmon (ikut2an Sushi Tei), sosis, bakso, dan kadang-kadang ubi cilembu, atau kalo udah mati gaya, ga tau apalagi yang mau dibakar, roti tawar juga boleh, sekalian bikin roti bakar .. hehehe..
Klo nge grill bahan baku seperti itu kan ga perlu ada marinated yang berjam-jam dulu di kulkas, semuanya cukup direndam 10 menit aja .. hehe.. jadi siap-siap dikit, terus langsung .. bakaarrr..

Sementara acara LtG, sering banget bikin bumbu marinate yang harus di taro di kulkas dulu selama minimal 4 jam, nah.. klo yang kayak gitu, gw seh ga pernah ngikutin, kelamaan 'n kagak sabar, kapan bakarnya ?.. karena kan bikin bbq harus spontan, pagi nonton LtG, sore langsung bbq-an. Siangnya masih sempet ngundang sodara2 atau bocah2 temen adek gw untuk ngabisin makanannya.. Klo ada bocah2 itu seh, beres deh, makanannya pasti abis, klo kita kan, demennya cuma nge-grill-nya doang.. hehehe.. berasa jago masak, padahal nyontek resep dan gayanya Robert Rainford.. haha.
Ramuan andalan dia adalah, kulit lemon yang kuningnya aja yang diparut dikit, garam dan merica, kayaknya itu aja bumbu dasar jagoannya, untuk marinate atau olesan, setelah itu baru ditambahin yang laen2..
Yang jelas dengan bantuan LtG dan percobaan bbq berkali-kali di rumah, nyokap akhirnya bilang, "Wah udah bisa nih buka warung steak".. hehe.. Walaupun bumbunya ketebelan, jadi terlalu magtegh/gurih..

Yang paling susah dalam membuat bbq adalah waktu pertama kali bikin bara apinya.. wah, waktu ujicoba pertama kali dulu, udah banyak experimen tapi ga nyala2 tuh bara.. padahal udah pake spirtus dan dikipasin rame2, udah ampir nyerah baru deh nyala tuh bara.
Akhirnya bbq kesempatan berikutnya, gw niatin mau liat2 dulu di Ace Hardware, karena gw pernah liat di sana ada perlengkapan bbq yang ok, sekalian nanya2 gimana cara bikin bara api yang cepet. Setelah sampe, dan nanya ama mas2nya, akhirnya ketemu, ternyata ada benda kecil kayak lilin aroma terapi berbentuk segi empat, yang namanya "Firestarter" dia ini yang membuat arang cepet nyala, cukup taro 2-3 buah disekeliling arang, siram spirtus dikit, trus bakar deh, sambil kipasin pake kipas angin, dalam 10 menit langsung nyalahh.. hebat.. teknologi bbq modern ini cukup membantu.. heheh
Sekalian juga gw beli peralatan bbq yang laen, soale perkakas yang gw beli di Carrefour pada lemes, ga mantep.. Semenjak itu acara bbq di rumah jadi lebih maknyosss...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar